Artikel Ilmiah
DAMPAK
METODE TESTIMONIAL ATAU “ENDORSE” DALAM
USAHA MENINGKATKAN PROMOSI DAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19
(The Impact Of
The Testimonial Or "Endorse" Method In An Effort To Increase
Promotion And Sales During The Covid-19 Pandemic)
Oleh
M. Abdee
Teguh Putra
Universitas
Suryakancana
ABSTRACT
This article
discusses new innovations during the Covid-19 pandemic in promoting products
that will be sold via online, namely by way of testimonials or “endorsement”,
namely paying a public figure to promote the products we sell on the internet
so that fans can get information about the products we sell, and in this
article we also explain whether the testimonial or “endorse” method is
effective or not?, and whether by using the endorse method, our products will
sell well in a short time?.
Keywords:
endorse, buying and selling online, Covid-19 pandemic.
ABSTRAK
Artikel ini
membahas tentang inovasi baru di masa pandemi Covid-19 ini dalam mempromosikan
produk yang akan dijual via online, yaitu dengan cara testimonial atau “endorse”
yaitu membayar seorang public figure untuk mempromosikan produk yang kita jual
di internet agar para penggemarnya bisa mendapat informasi tentang produk yang
kita jual, dan di artikel ini pun menjelaskan apakah metode testimonial atau “endorse”
efektif untuk digunakan atau tidak?,dan apakah dengan menggunakan metode
endorse tersebut, produk kita akan laris dalam waktu singkat?.
Kata Kunci :
endorse, jual beli online, pandemi Covid-19.
Pendahuluan
Pada masa pandemi
Covid-19 ini, telah terjadi banyak sekali perubahan, mulai dari aktivitas
ringan, tata cara berkomunikasi dengan orang lain, kegiatan sekolah, hingga
kegiatan jual beli atau perdagangan,
karena tidakbisa dipungkiri lagi, efek dari adanya pandemi ini sangat
besar, sehingga kita tidak bisa melakukan banyak kegiatan di dalam maupun di
luar rumah dengan bebas seperti dulu, karena virus Covid-19 ini adalah virus
yang mempunyai tingkat penularan yang terbilang sangat cepat, bahkan hanya
dengan bersalaman sja, kita sudah bisa terjangkit virus Covid-19, maka dari
itu, pemerintah di seluruh dunia banyak mengeluarkan kebijakan-kebijakan
darurat untuk berusaha menangani bahaya nya virus tersebut.
Salah satu contoh peraturan yang
paling penting untuk di terapkan yaitu pembatasan dalam melakukan kegiatan di
luar rumah, karena hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kerumunan yang berpotensi
adanya orang yang menularkan virus Covid-19 ke banyak orang, karena itu dapat
merugikan semua orang terutama anak kecil dan lansia, karena menurut beberapa
asli medis, virus Covid-19 akan lebih mudah menular kepada anak di bawah umur
dan lansia, maka dari itu, pemerintah sangat menekankan kepada kita semua untuk
mematuhi aturan baru yang bersifat darurat ini,seperti jangan sering keluar
rumah, jangan berkerumu di tempat-tempat ramai seperti pasar, supermarket, tempat
olahraga, dan lain-lain.
Selain itu, pandemi Covid-19
juga sangat berdampak besar sekali terhadap kegiatan perekonomian, karena
meskipun pemerintah menghimbau kita semua untuk tetap diam di rumah untuk
memutus rantai penularan virus Covid-19, di sisi lain juga tatanan ekonomi
harus tetap stabil karena masyarakat juga membutuhkan kelangsungan hidup yang
cukup karena harus banyak melakukan kegiatan di rumah, akan tetapi hal itu
sangat sulit untuk diseimbangkan karena harus memikirkan dua hal yang sangat
penting , yang pertama adalah banyak perusahaan atau took yang mengalami
penurunan penjualan karena masyarakat di himbau untuk tetap di rumah, sedangan
perusahaan pun membutuhkan pemasukan yang stabil untuk membeli modal untuk
produksi, dan juga untuk menggaji pegawai-pegawainya, akibatnya, banyak pekerja
yang terpaksa harus di berberhentikan dari pekerjaanya karena tidak stabil nya
pemasukan dari perusahaannya,ini adalah masalah serius yang harus di cari
sebuah solusi yang dapat dilakukan untuk menstabilkan kembali tatanan ekonomi
suatu Negara.
Rumusan Masalah
Dalam
penelitian ini ada beberapa rumusan masalah yang harus di selesaikan, yaitu :
1.
Apakah metode “endore”dalam penjualan itu
sangat penting?.
2.
Apakah dengan kita menggunakan metode “endore”
engagement rate dari produk yang kita jual akan meningkat?.
3.
Apakah metode “endore” ini menjamin kita untuk
langsung mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat?.
4.
Bagaimana cara melakukan “endorse” yang baik
dan benar?.
Tujuan Penelitian
Penelitian
ini bertujuan untuk :
1.
Mengetahui dasar-dasar penting untuk penjual
dalam melakukan “endorse”
2.
Mengetahui tingkat efektifitas “endorse” untuk
meningkatkan promosi dan penjualan.
Pembahasan
Penjelasan Tentang Jual Beli Online
Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak
orang yang ingin berusaha untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, akan tetapi,
terhalang oleh peraturan pemerintah untuk jangan keluar rumah dan berkerumun,
alhasil, banyak pekerja yang terpaksa putus kontrak sehingga tingkat
pengangguran semakin tinggi, maka dari itu, kita semua tahu bahwa di masa
sekarang ini, teknologi sudah sangat canggih, dan kita harus menerima kenyataan
bahwa kita tidak bisa lepas dari yang namanya internet, apalagi di masa pandemi
ini, sehingga kita bisa memanfaat kan kesempatan ini untuk menggunakan
kreatifitas kita untuk memenuhi kebutuhan hidup kita dengan mencari penghasilan
tambahan dengan melakukan jual beli online di internet.
Menurut artikelsiana.com, Jual
beli online atau biasa disingkat olshop (online shopping). Yang dimaksud dengan
pengertian jual beli online adalah persetujuan saling mengikat melalui internet
antara penjual sebagai pihak yang menjual barang dan pembeli sebagai pihak yang
membayar harga barang yang dijual.
Diketahui
bahwa jual beli online tak terdapat kontak langsung antara penjual dan pembeli,
namun hanya melalui jaringan yang terkoneksi dengan menggunakan handphone, komputer,
tablet, dan lain-lain.
Lebih
tepat kiranya, mengutip dari definisi Alimin (2004:76) yang mengatakan bahwa
pengertian jual beli online adalah satu set dinamis teknologi, aplikasi dan
proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, komunitas tertentu
melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi
yang dilakukan secara elektronik.
Proses
jual beli online ini sangatlah mudah, karena kita tidak perlu melakukan jual
beli secara langsung kepada penjual, kita cukup memesan nya via online, karena
sekarang sudah banyak aplikasi yang menyediakan wadah untuk produk yang kita
jual, contohnya seperti tokopedia, shoppe, bukalapak, dan lain-lain. Bahkan,
karena semakin hari para penjual semakin menggunakan kreatifitas nya untuk
terus meningkatkan promosi dan penjualan nya agar lebih laris, banyak penjual
yang menggunakan sosial media yang sedang banyak sekali digunakan oleh semua
kalangan, seperti instagram, tiktok, dan lain lain.
Penjelasan Mengenai Metode Testimonial Atau “Endorse”
Menurut maxmanroe.com, Kata
Endorse sangat erat hubungannya dengan dunia pemasaran. Banyak yang menyebutkan
bahwa pemasaran dengan cara endorsement dari seorang public figure akan
memberikan dampak yang positif bagi sebuah merek, produk, atau layanan. Dalam
konteks pemasaran, arti endorse adalah sebuah bentuk dukungan atau rekomendasi
yang diberikan seseorang kepada orang lain, merek, produk, atau layanan, di
mana dukungan tersebut dilakukan oleh seseorang yang memiliki pengaruh atau
public figure. Misalnya seorang artis atau atilt. Dengan kata lain, endorse
adalah jenis promosi tertentu yang menggunakan tokoh terkenal, selebriti, atau
seorang profesional untuk mengatakan hal baik tentang sebuah merek, produk,
atau layanan.
Pada praktiknya, para public
figure mengunggah sebuah foto atau video yang bertujuan untuk mempromosikan
produk yang kita jual dan sudah melakukan kontrak dengan public figure
tersebut, apakah metode endore ini akan membuat produk kita dapat mengalami
peningkatan yang sangat pesat? Tentu saja tidak. Karena hal yang paling
mempengaruhi daya Tarik nya yaitu, fungsi produk yang dijual, keunikan metode
endore yang di lakukan, apakah unik atau tidak?apakah bisa menarik perhatian konsumen
atau tidak?, semua hal itu harus sangat diperhatikan karena percuma saja
apabila produk kita sudah di promosikan oleh public figure terkenal sekalipun,
tetapi produk kita tidak memiliki
keunikan dan daya Tarik konsumen yang sangat menarik.
Kelebihan Dan Kelemahan Metode Testimonial
Atau “Endorse”
Menurut trusvation.com Saat ini
endorsement menjadi salah satu strategi favorit para pebisnis untuk memasarkan
produk mereka, terutama lewat online. Hampir setiap hari kita bisa melihat para
artis atau influencer mempromosikan produk tertentu, mulai dari produk rumah
tangga, makanan, minuman, kecantikan hingga vacation.
Bukan
tanpa alasan tentu saja strategi itu kian diminati. Karena memang cukup efektif
untuk menjaring banyak pelanggan, entah itu dengan target brand awareness
ataupun untuk target penjualan. Apalagi jika tokoh yang dipilih memiliki banyak
pengikut yang fanatik. Mereka akan mau mengikuti figur favoritnya tanpa banyak
pertimbangan.
Sayangnya
tak sedikit pebisnis yang asal mengikuti strategi ini tanpa memahami bahwa ada
kelemahannya juga yang perlu diperhatikan. Karenanya disini kami akan mengulas
secara imbang, tentang bagaimana sebenarnya kelebihan dan kekurangan dari
strategi endorsement.
Kelebihan
dari metode endorse yaitu dapat meningkatkan atensi produk kita, karena ketika
produk kita di promosikan oleh public figure atau selebritis, maka otomatis
produk kita akan dilihat oleh banyak orang yang menonton iklan tersebut. Jadi setidaknya
orang-orang tau kalau kita sedang menjual produk tersebut, kelebihan yang
selanjutnya yaitu mendapat kepercayaan dari orang-orang yang menonton produk
yang kita promosikan kepada public figure, karena ketika seseorang sudah fanatik
kepada salah satu public figure, maka dia akan percaya terhadap produk-produk
yang ia promosikan. Kelebihan lainnya yaitu lebih murah dari iklan tv, meskipun
ini tergantung dari harga public figure nya, tetapi harga unutuk melakukan
endorse itu tidak akan semahal jika kita ingin mempromosikan produk kita ke televise.
Meskipun
metode endorse ini memiliki banyak kelebihan, metode ini juga tidak luput dari
beberapa kekurangan, yaitu waktu/durasi promosi yang terbilang singkat dan
bersifat sementara, karena seorang public figure yang sudah terkenal tidak
mungkin hanya mempromosikan satu produk saja, pasti setiap harinya, maka produk
kita pun akan cepat tertutup oleh promosi produk lain setiap harinya,
kekurangan lainnya dari metode endorse ini adalah faktor public figure nya
dalam mempromosikan produk kita, apakah bisa menjamin atau menggiring penonton
untuk tertarik membeli produk kita atau tidak.
Penutup
Kesimpulan
Pada
masa pandemi Covid-19 ini, telah terjadi banyak sekali perubahan, mulai dari
aktivitas ringan, tata cara berkomunikasi dengan orang lain, kegiatan sekolah,
hingga kegiatan jual beli atau perdagangan, karena tidakbisa dipungkiri lagi,
efek dari adanya pandemi ini sangat besar, sehingga kita tidak bisa melakukan
banyak kegiatan di dalam maupun di luar rumah dengan bebas seperti dulu, karena
virus Covid-19 ini adalah virus yang mempunyai tingkat penularan yang terbilang
sangat cepat, bahkan hanya dengan bersalaman sja, kita sudah bisa terjangkit
virus Covid-19, maka dari itu, pemerintah di seluruh dunia banyak mengeluarkan
kebijakan-kebijakan darurat untuk berusaha menangani bahaya nya virus tersebut.
Selain
itu, pandemi Covid-19 juga sangat berdampak besar sekali terhadap kegiatan perekonomian,
karena meskipun pemerintah menghimbau kita semua untuk tetap diam di rumah
untuk memutus rantai penularan virus Covid-19, di sisi lain juga tatanan
ekonomi harus tetap stabil karena masyarakat juga membutuhkan kelangsungan
hidup yang cukup karena harus banyak melakukan kegiatan di rumah, akan tetapi
hal itu sangat sulit untuk diseimbangkan karena harus memikirkan dua hal yang
sangat penting , yang pertama adalah banyak perusahaan atau took yang mengalami
penurunan penjualan karena masyarakat di himbau untuk tetap di rumah, sedangan
perusahaan pun membutuhkan pemasukan yang stabil untuk membeli modal untuk
produksi, dan juga untuk menggaji pegawai-pegawainya, akibatnya, banyak pekerja
yang terpaksa harus di berberhentikan dari pekerjaanya karena tidak stabil nya
pemasukan dari perusahaannya,ini adalah masalah serius yang harus di cari
sebuah solusi yang dapat dilakukan untuk menstabilkan kembali tatanan ekonomi
suatu Negara.
Saat
ini endorsement menjadi salah satu strategi favorit para pebisnis untuk
memasarkan produk mereka, terutama lewat online. Hampir setiap hari kita bisa
melihat para artis atau influencer mempromosikan produk tertentu, mulai dari
produk rumah tangga, makanan, minuman, kecantikan hingga vacation.
Bukan
tanpa alasan tentu saja strategi itu kian diminati. Karena memang cukup efektif
untuk menjaring banyak pelanggan, entah itu dengan target brand awareness
ataupun untuk target penjualan. Apalagi jika tokoh yang dipilih memiliki banyak
pengikut yang fanatik. Mereka akan mau mengikuti figur favoritnya tanpa banyak
pertimbangan. Sayangnya tak sedikit pebisnis yang asal mengikuti strategi ini
tanpa memahami bahwa ada kelemahannya juga yang perlu diperhatikan. Karenanya
disini kami akan mengulas secara imbang, tentang bagaimana sebenarnya kelebihan
dan kekurangan dari strategi endorsement. Kelebihan dari metode endorse yaitu
dapat meningkatkan atensi produk kita, karena ketika produk kita di promosikan
oleh public figure atau selebritis, maka otomatis produk kita akan dilihat oleh
banyak orang yang menonton iklan tersebut.
Saran
Diharapkan untuk semua orang
yang sedang berjuang di masa pandemi Covid-19 ini untuk terus mengingkatkan
kreatifitas dalam mempromosikan produk yang dijual agar penjualan bisa terus
meningkat sehingga tatanan ekonomi Negara kita bisa stabil kembali
meskiputerhalang oleh pandemi Covid-19 ini.
Daftar Pustaka
Trasvation. (2020). Tertarik
Menggunakan Endorsement? Pahami Dulu Kelebihan dan Kelemahannya!. [Online]
Tersedia :
https://www.trusvation.com/tertarik-menggunakan-endorsement-pahami-dulu-kelebihan-dan-kelemahannya/
Maxmanroe. (2021) Arti
Endorse Dalam Pemasaran, Kelebihannya, dan Contoh Endorsement. [Online]
Tersedia : https://www.maxmanroe.com/arti-endorse.html
Monte, david. (2021). Jelaskan
Pengertian Jual Beli Online? Ini Arti & Penjelasan Online Shop. [Online]
Tersedia : https://artikelsiana.com/pengertian-jual-beli-online/
Komentar
Posting Komentar