Artikel Ilmiah

 

DAMPAK METODE TESTIMONIAL ATAU “ENDORSE”  DALAM USAHA MENINGKATKAN PROMOSI DAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19

(The Impact Of The Testimonial Or "Endorse" Method In An Effort To Increase Promotion And Sales During The Covid-19 Pandemic)

Oleh

M. Abdee Teguh Putra

Universitas Suryakancana

abdeeteguh0725@gmail.com

 

ABSTRACT

This article discusses new innovations during the Covid-19 pandemic in promoting products that will be sold via online, namely by way of testimonials or “endorsement”, namely paying a public figure to promote the products we sell on the internet so that fans can get information about the products we sell, and in this article we also explain whether the testimonial or “endorse” method is effective or not?, and whether by using the endorse method, our products will sell well in a short time?.

Keywords: endorse, buying and selling online, Covid-19 pandemic.

ABSTRAK

Artikel ini membahas tentang inovasi baru di masa pandemi Covid-19 ini dalam mempromosikan produk yang akan dijual via online, yaitu dengan cara testimonial atau “endorse” yaitu membayar seorang public figure untuk mempromosikan produk yang kita jual di internet agar para penggemarnya bisa mendapat informasi tentang produk yang kita jual, dan di artikel ini pun menjelaskan apakah metode testimonial atau “endorse” efektif untuk digunakan atau tidak?,dan apakah dengan menggunakan metode endorse tersebut, produk kita akan laris dalam waktu singkat?.

Kata Kunci : endorse, jual beli online, pandemi Covid-19.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Pendahuluan

                Pada masa pandemi Covid-19 ini, telah terjadi banyak sekali perubahan, mulai dari aktivitas ringan, tata cara berkomunikasi dengan orang lain, kegiatan sekolah, hingga kegiatan jual beli atau perdagangan,  karena tidakbisa dipungkiri lagi, efek dari adanya pandemi ini sangat besar, sehingga kita tidak bisa melakukan banyak kegiatan di dalam maupun di luar rumah dengan bebas seperti dulu, karena virus Covid-19 ini adalah virus yang mempunyai tingkat penularan yang terbilang sangat cepat, bahkan hanya dengan bersalaman sja, kita sudah bisa terjangkit virus Covid-19, maka dari itu, pemerintah di seluruh dunia banyak mengeluarkan kebijakan-kebijakan darurat untuk berusaha menangani bahaya nya virus tersebut.

                Salah satu contoh peraturan yang paling penting untuk di terapkan yaitu pembatasan dalam melakukan kegiatan di luar rumah, karena hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kerumunan yang berpotensi adanya orang yang menularkan virus Covid-19 ke banyak orang, karena itu dapat merugikan semua orang terutama anak kecil dan lansia, karena menurut beberapa asli medis, virus Covid-19 akan lebih mudah menular kepada anak di bawah umur dan lansia, maka dari itu, pemerintah sangat menekankan kepada kita semua untuk mematuhi aturan baru yang bersifat darurat ini,seperti jangan sering keluar rumah, jangan berkerumu di tempat-tempat ramai seperti pasar, supermarket, tempat olahraga, dan lain-lain.

                Selain itu, pandemi Covid-19 juga sangat berdampak besar sekali terhadap kegiatan perekonomian, karena meskipun pemerintah menghimbau kita semua untuk tetap diam di rumah untuk memutus rantai penularan virus Covid-19, di sisi lain juga tatanan ekonomi harus tetap stabil karena masyarakat juga membutuhkan kelangsungan hidup yang cukup karena harus banyak melakukan kegiatan di rumah, akan tetapi hal itu sangat sulit untuk diseimbangkan karena harus memikirkan dua hal yang sangat penting , yang pertama adalah banyak perusahaan atau took yang mengalami penurunan penjualan karena masyarakat di himbau untuk tetap di rumah, sedangan perusahaan pun membutuhkan pemasukan yang stabil untuk membeli modal untuk produksi, dan juga untuk menggaji pegawai-pegawainya, akibatnya, banyak pekerja yang terpaksa harus di berberhentikan dari pekerjaanya karena tidak stabil nya pemasukan dari perusahaannya,ini adalah masalah serius yang harus di cari sebuah solusi yang dapat dilakukan untuk menstabilkan kembali tatanan ekonomi suatu Negara.

 

 

Rumusan Masalah

Dalam penelitian ini ada beberapa rumusan masalah yang harus di selesaikan, yaitu :

1.       Apakah metode “endore”dalam penjualan itu sangat penting?.

2.       Apakah dengan kita menggunakan metode “endore” engagement rate dari produk yang kita jual akan meningkat?.

3.       Apakah metode “endore” ini menjamin kita untuk langsung mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat?.

4.       Bagaimana cara melakukan “endorse” yang baik dan benar?.

 

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk :

1.       Mengetahui dasar-dasar penting untuk penjual dalam melakukan “endorse”

2.       Mengetahui tingkat efektifitas “endorse” untuk meningkatkan promosi dan  penjualan.

 

Pembahasan

Penjelasan Tentang Jual Beli Online

                Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak orang yang ingin berusaha untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, akan tetapi, terhalang oleh peraturan pemerintah untuk jangan keluar rumah dan berkerumun, alhasil, banyak pekerja yang terpaksa putus kontrak sehingga tingkat pengangguran semakin tinggi, maka dari itu, kita semua tahu bahwa di masa sekarang ini, teknologi sudah sangat canggih, dan kita harus menerima kenyataan bahwa kita tidak bisa lepas dari yang namanya internet, apalagi di masa pandemi ini, sehingga kita bisa memanfaat kan kesempatan ini untuk menggunakan kreatifitas kita untuk memenuhi kebutuhan hidup kita dengan mencari penghasilan tambahan dengan melakukan jual beli online di internet.

                Menurut artikelsiana.com, Jual beli online atau biasa disingkat olshop (online shopping). Yang dimaksud dengan pengertian jual beli online adalah persetujuan saling mengikat melalui internet antara penjual sebagai pihak yang menjual barang dan pembeli sebagai pihak yang membayar harga barang yang dijual.

Diketahui bahwa jual beli online tak terdapat kontak langsung antara penjual dan pembeli, namun hanya melalui jaringan yang terkoneksi dengan menggunakan handphone, komputer, tablet, dan lain-lain.

Lebih tepat kiranya, mengutip dari definisi Alimin (2004:76) yang mengatakan bahwa pengertian jual beli online adalah satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

Proses jual beli online ini sangatlah mudah, karena kita tidak perlu melakukan jual beli secara langsung kepada penjual, kita cukup memesan nya via online, karena sekarang sudah banyak aplikasi yang menyediakan wadah untuk produk yang kita jual, contohnya seperti tokopedia, shoppe, bukalapak, dan lain-lain. Bahkan, karena semakin hari para penjual semakin menggunakan kreatifitas nya untuk terus meningkatkan promosi dan penjualan nya agar lebih laris, banyak penjual yang menggunakan sosial media yang sedang banyak sekali digunakan oleh semua kalangan, seperti instagram, tiktok, dan lain lain.

 

Penjelasan Mengenai Metode Testimonial Atau “Endorse”

                Menurut maxmanroe.com, Kata Endorse sangat erat hubungannya dengan dunia pemasaran. Banyak yang menyebutkan bahwa pemasaran dengan cara endorsement dari seorang public figure akan memberikan dampak yang positif bagi sebuah merek, produk, atau layanan. Dalam konteks pemasaran, arti endorse adalah sebuah bentuk dukungan atau rekomendasi yang diberikan seseorang kepada orang lain, merek, produk, atau layanan, di mana dukungan tersebut dilakukan oleh seseorang yang memiliki pengaruh atau public figure. Misalnya seorang artis atau atilt. Dengan kata lain, endorse adalah jenis promosi tertentu yang menggunakan tokoh terkenal, selebriti, atau seorang profesional untuk mengatakan hal baik tentang sebuah merek, produk, atau layanan.

                Pada praktiknya, para public figure mengunggah sebuah foto atau video yang bertujuan untuk mempromosikan produk yang kita jual dan sudah melakukan kontrak dengan public figure tersebut, apakah metode endore ini akan membuat produk kita dapat mengalami peningkatan yang sangat pesat? Tentu saja tidak. Karena hal yang paling mempengaruhi daya Tarik nya yaitu, fungsi produk yang dijual, keunikan metode endore yang di lakukan, apakah unik atau tidak?apakah bisa menarik perhatian konsumen atau tidak?, semua hal itu harus sangat diperhatikan karena percuma saja apabila produk kita sudah di promosikan oleh public figure terkenal sekalipun, tetapi  produk kita tidak memiliki keunikan dan daya Tarik konsumen yang sangat menarik.

Kelebihan Dan Kelemahan Metode Testimonial Atau “Endorse”

                Menurut trusvation.com Saat ini endorsement menjadi salah satu strategi favorit para pebisnis untuk memasarkan produk mereka, terutama lewat online. Hampir setiap hari kita bisa melihat para artis atau influencer mempromosikan produk tertentu, mulai dari produk rumah tangga, makanan, minuman, kecantikan hingga vacation.

Bukan tanpa alasan tentu saja strategi itu kian diminati. Karena memang cukup efektif untuk menjaring banyak pelanggan, entah itu dengan target brand awareness ataupun untuk target penjualan. Apalagi jika tokoh yang dipilih memiliki banyak pengikut yang fanatik. Mereka akan mau mengikuti figur favoritnya tanpa banyak pertimbangan.

Sayangnya tak sedikit pebisnis yang asal mengikuti strategi ini tanpa memahami bahwa ada kelemahannya juga yang perlu diperhatikan. Karenanya disini kami akan mengulas secara imbang, tentang bagaimana sebenarnya kelebihan dan kekurangan dari strategi endorsement.

Kelebihan dari metode endorse yaitu dapat meningkatkan atensi produk kita, karena ketika produk kita di promosikan oleh public figure atau selebritis, maka otomatis produk kita akan dilihat oleh banyak orang yang menonton iklan tersebut. Jadi setidaknya orang-orang tau kalau kita sedang menjual produk tersebut, kelebihan yang selanjutnya yaitu mendapat kepercayaan dari orang-orang yang menonton produk yang kita promosikan kepada public figure, karena ketika seseorang sudah fanatik kepada salah satu public figure, maka dia akan percaya terhadap produk-produk yang ia promosikan. Kelebihan lainnya yaitu lebih murah dari iklan tv, meskipun ini tergantung dari harga public figure nya, tetapi harga unutuk melakukan endorse itu tidak akan semahal jika kita ingin mempromosikan produk kita ke televise.

Meskipun metode endorse ini memiliki banyak kelebihan, metode ini juga tidak luput dari beberapa kekurangan, yaitu waktu/durasi promosi yang terbilang singkat dan bersifat sementara, karena seorang public figure yang sudah terkenal tidak mungkin hanya mempromosikan satu produk saja, pasti setiap harinya, maka produk kita pun akan cepat tertutup oleh promosi produk lain setiap harinya, kekurangan lainnya dari metode endorse ini adalah faktor public figure nya dalam mempromosikan produk kita, apakah bisa menjamin atau menggiring penonton untuk tertarik membeli produk kita atau tidak.

 

Penutup

Kesimpulan

Pada masa pandemi Covid-19 ini, telah terjadi banyak sekali perubahan, mulai dari aktivitas ringan, tata cara berkomunikasi dengan orang lain, kegiatan sekolah, hingga kegiatan jual beli atau perdagangan, karena tidakbisa dipungkiri lagi, efek dari adanya pandemi ini sangat besar, sehingga kita tidak bisa melakukan banyak kegiatan di dalam maupun di luar rumah dengan bebas seperti dulu, karena virus Covid-19 ini adalah virus yang mempunyai tingkat penularan yang terbilang sangat cepat, bahkan hanya dengan bersalaman sja, kita sudah bisa terjangkit virus Covid-19, maka dari itu, pemerintah di seluruh dunia banyak mengeluarkan kebijakan-kebijakan darurat untuk berusaha menangani bahaya nya virus tersebut.

Selain itu, pandemi Covid-19 juga sangat berdampak besar sekali terhadap kegiatan perekonomian, karena meskipun pemerintah menghimbau kita semua untuk tetap diam di rumah untuk memutus rantai penularan virus Covid-19, di sisi lain juga tatanan ekonomi harus tetap stabil karena masyarakat juga membutuhkan kelangsungan hidup yang cukup karena harus banyak melakukan kegiatan di rumah, akan tetapi hal itu sangat sulit untuk diseimbangkan karena harus memikirkan dua hal yang sangat penting , yang pertama adalah banyak perusahaan atau took yang mengalami penurunan penjualan karena masyarakat di himbau untuk tetap di rumah, sedangan perusahaan pun membutuhkan pemasukan yang stabil untuk membeli modal untuk produksi, dan juga untuk menggaji pegawai-pegawainya, akibatnya, banyak pekerja yang terpaksa harus di berberhentikan dari pekerjaanya karena tidak stabil nya pemasukan dari perusahaannya,ini adalah masalah serius yang harus di cari sebuah solusi yang dapat dilakukan untuk menstabilkan kembali tatanan ekonomi suatu Negara.

Saat ini endorsement menjadi salah satu strategi favorit para pebisnis untuk memasarkan produk mereka, terutama lewat online. Hampir setiap hari kita bisa melihat para artis atau influencer mempromosikan produk tertentu, mulai dari produk rumah tangga, makanan, minuman, kecantikan hingga vacation.

Bukan tanpa alasan tentu saja strategi itu kian diminati. Karena memang cukup efektif untuk menjaring banyak pelanggan, entah itu dengan target brand awareness ataupun untuk target penjualan. Apalagi jika tokoh yang dipilih memiliki banyak pengikut yang fanatik. Mereka akan mau mengikuti figur favoritnya tanpa banyak pertimbangan. Sayangnya tak sedikit pebisnis yang asal mengikuti strategi ini tanpa memahami bahwa ada kelemahannya juga yang perlu diperhatikan. Karenanya disini kami akan mengulas secara imbang, tentang bagaimana sebenarnya kelebihan dan kekurangan dari strategi endorsement. Kelebihan dari metode endorse yaitu dapat meningkatkan atensi produk kita, karena ketika produk kita di promosikan oleh public figure atau selebritis, maka otomatis produk kita akan dilihat oleh banyak orang yang menonton iklan tersebut.

 

 

Saran

                Diharapkan untuk semua orang yang sedang berjuang di masa pandemi Covid-19 ini untuk terus mengingkatkan kreatifitas dalam mempromosikan produk yang dijual agar penjualan bisa terus meningkat sehingga tatanan ekonomi Negara kita bisa stabil kembali meskiputerhalang oleh pandemi Covid-19 ini.

 

Daftar Pustaka

Trasvation. (2020). Tertarik Menggunakan Endorsement? Pahami Dulu Kelebihan dan Kelemahannya!. [Online] Tersedia : https://www.trusvation.com/tertarik-menggunakan-endorsement-pahami-dulu-kelebihan-dan-kelemahannya/

Maxmanroe. (2021) Arti Endorse Dalam Pemasaran, Kelebihannya, dan Contoh Endorsement. [Online] Tersedia : https://www.maxmanroe.com/arti-endorse.html

Monte, david. (2021). Jelaskan Pengertian Jual Beli Online? Ini Arti & Penjelasan Online Shop. [Online] Tersedia : https://artikelsiana.com/pengertian-jual-beli-online/


 

 

               

 

               

Komentar